Selamat Datang Jgn Lupa Comment Terimakasih Kunjungannya
Widget by: Facebook uc1n

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI



Pada era modern saat ini sudah banyak teknologi-teknologi yang sudah sangat berkembang pesat. Hal ini dapat mengakibatkan dampak positif dan dampak negatif, khususnya bagi para pemuda sekarang. Mungkin dari dampak positif, para pemuda dapat mengembangkan pola pikirannya dengan cara mencari informasi-informasi yang penting. Dimana pemuda yang awam akan teknologi kurang mengetahui informasi tersebut. Tetapi disamping dampak positif, terdapat pula dampak negative yang sangat mempengaruhi perkembangan aktifitas kehidupan sehingga ia akan mengalami ketergantungan akan teknologi tersebut. Sebagai contoh, anak smp yang sering bolos sekolah hanya untuk bermain game online di warnet. Contoh lainnya adalah ketergantungan akan situs yang bersifat mencari pertemanan seperti situs Facebook, Twitter, Yahoo, Friendster, dan lain sebagainya. Disamping itu masih banyak situs-situs yang sangat merusak moral pemuda di Indonesia, seperti situs porno yang sangat membahayakan bagi perkembangan pola pikir pemuda


Pemecahan masalah :

1. Secara Agama

Dalam agama tidak dilarang kita untuk mengembangkan pola pikir kita pada dunia teknologi tetapi didalam agama pula dibatasi agar suatu kaumnya tidak berlebihan akan mempergunakan sesuatu apapun khususnya dalam dunia teknologi.

Pernah saya dengar diberita bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah mengklaim bahwa situs Facebook dilarang, dikarenakan banyak pengguna situs ini telah banyak menyebabkan orang yang mengalami suatu sindrom akan ketergantungan sehingga banyak orang khususnya kaum muslim lupa akan kewajibannya, seperti lalai dalam mengerjakan shalat 5 waktu.

2. Secara Sosial

Dalam hal sosial ini pemuda Indonesia yang sudah ketergantungan akan perkembangan teknologi, maka akan sangat mempengaruhi kegiatan sosialisasinya terhadap lingkungan disekitarnya. Jika mengalami hal ini, sebaiknya mengimbangi antara penggunaan teknologi dan dalam hal bersosialisasi.

3. Secara Hukum

Secara Hukum akan mempunyai dampak negative akan pengaruh perkembangan teknologi, seperti sekarang ini terdapat banyak sekali hacker-hacker yang melakukan kejahatan dalam dunia maya contohnya dalam kejadian membobol ATM Bank dan memanipulasi data jumlah suara dan sebagainya. Sehingga untuk menanggulangi permasalahan ini membutuhkan kesadaran dari pemuda-pemuda akan pengaruh perkembangan teknologi yang berlebihan.

4. Secara Budaya

Secara budaya selain mendapat dampak positif, kita juga dapat mendapatkan dampak negatifnya. Dalam hal positifnya kita dapat mengetahui informasi-informasi tentang permasalahan budaya seperti kemarin kita dengar bahwa Malaysia telah mengklaim kebudayaan dari Indonesia contohnya, tari kecak, Reog, dan lai sebagainya.

Kesimpulan

Kini teknologi berkembang sangat pesat, jadi kita harus dapat menyikapi dari arus perkembangan teknologi dan informasi yang pada saat ini sudah banyak disalah gunakan bagi para pemuda atau sipemakai.